Decision Making

decision making adalah salah satu kegiatan yang sering kita lakukan. mengambil keputusan sekecil apapun  bahkan cenderung selalu kita lakukan setiap hari. mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. coba kita ingat kembali apa saja yang sudah kita lakukan selama sehari tadi. misalnya memakai baju apa hari ini, mandi dulu atau makan dulu, naik kendaraan apa ke kampus pagi ini, makan apa siang ini, dan sebagainya. berapa banyak keputusan (dari hal yang bersifat ringan hingga yang dirasa sulit) yang telah kita ambil? sudahkah keputusan itu baik dan benar serta tidak menyesalkan?

mengambil keputusan melibatkan proses panjang, kecuali bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya. antara memutuskan memakai baju apa hari ini dengan masuk perguruan tinggi atau tidak setelah SMA, akan lebih sulit memutuskan keputusan yang kedua. karena masuk perguruan tinggi bagi siswa baru lulus SMA baru pertama kali dilakukan daripada memutuskan memakai baju yang hampir setiap pagi kita lakukan.  standar baik dan benar dalam mengambil keputusan pun berbeda pada masing-masing orang. namun ada beberapa langkah yang sebaiknya kita lalui agar pengambilan keputusan itu lebih bijak dan terkontrol, yaitu

1.Mengenali tantangan/masalah
2.Mencari pilihan-pilihan
3.Mengevaluasi pilihan-pilihan
4.Membuat komitmen
5.Menguji hasil keputusan
Dalam mengenali masalah, kita sebaiknya mengetahui masalah yang sedang kita hadapi. apa itu baik saya lakukan?kenapa saya lakukan itu? bagaimana jika saya tidak melakukan itu?
kemudian, kita cari pilihan-pilihan yang memungkinkan dengan menggali dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai masalah/ tantangan yang kita hadapi. terbukalah dengan informasi dan jangan membatasi diri. lalu tanyakan, apakah saya sudah mempertimbangkan semua pilihan saya?
langkah ketiga adalah mengevaluasi pilihan-pilihan. hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan risiko, keuntungan, dan sebagainya. lalu tanyakan, apakah ini pilihan yang terbaik bagi saya? kenapa terbaik?
selanjutnya, buatlah komitmen akan pilihan yang kamu pilih. pilihlah pilihan yang sedikit risikonya daripada banyak manfaatnya. karena banyak manfaat belum tentu sedikit risikonya. apapun yang terjadi, tetaplah berkomitmen dengan pilihan kita dan tunjukkan performa terbaik atas pilihan kita. jawab keraguan dengan kinerja! (dapat dimaknai: ketika kita ragu dengan pilihan kita, jawab keraguan itu dengan usaha sungguh-sungguh kita). jika gagal, bangkitlah! karena orang berhasil, tidak selalu yang mencapai prestasi namun ia-lah yang bangkit setelah jatuh.
terakhir, menguji keputusan. menguji hasil keputusan ini bisa berdasarkan risiko, hasil, dan kualitasnya. apa saja risiko yang akan kita dapatkan, bagaimana hasil atas keputusan yang telah kita buat, dan bagaimana kualitasnya, baik tidak, merugi tidak,dsb. jika ternyata gagal atau kurang sesuai dengan yang kita inginkan, bersikaplah sewajarnya,. jangan berlebihan dalam stress ataupun menyalahkan diri sendiri berlebihan. terimalah dan bertekadlah memperbaikinya pada kesempatan selanjutnya.  terbukalah atas feedback atau kritikan yang kita dapatkan. jadikan itu sebagai motivasi untuk perbaikan kemudian. jangan lupa mohon petunjuk-Nya selalu…
semangat!!😉 Allah Ma’ana…