Hasil Konferensi Simposium Internasional 5 “Poin-Poin Deklarasi”

ditulis oleh panitia Simposium Internasional Lima on Monday, January 10, 2011 at 5:19pm. *Bisa dilihat pula di www.simposiuminternasional.org

Berikut ini adalah poin-poin hasil diskusi para peserta konferensi (perwakilan FSLDKN, LSM, dsb) dalam acara Simposium Internasional 5 (SI 5). para peserta konferensi dibagi menjadi 3 kelompok besar yang kemudian masing-masing kelompok membahas solusi tepat bagi permasalahan Palestina yang ditinjau dari pendidikan, hukum dan HAM, serta sosial dna politik. diharapkan akan ada tindak lanjut atas hasil konferensi tersebut. sehingga menimbulkan kebermanfaatan bagi masalah Palestina selanjutnya.

 

PENDIDIKAN

1. LDK melakukan survey mengenai pemerataan universitas, yang kemudian survey tersebut dilanjutkan ke FSLDK atau Puskomnas.

2. Melakukan pencitraan media guna mendorong pemerintah dan lembaga terkait untuk mempermudah birokrasi pendidikan rakyat Palestina di Indonesia.

3. Melakukan lobi kepada NGO dalam hal birokrasi di Palestina, serta KNRP, WAFAA, Depdiknas, dan Dubes dalam hal birokrasi di Indonesia.

4. Menyediakan fasilitas beasiswa untuk mahasiswa Palestina dalam bidang keamanan, kehidupan, dan asuransi.

5. Membuat prasyarat terkait input dan output yang diharapkan terhadap para calon penerima beasiswa.

6. FSLDK turut berperan dalam jaringan donasi nasionall berupa uang dan pengadaan buku yang focus pada bidang-bidang yang telah disepakati.

 

HUKUM dan HAM

1. Propaganda aktif untuk pengakuan kedaulatan Negara Palestina.

2. Menjalin kerjasama dengan elemen legal dan strategis, baik nasional maupun internasional dalam mempermudah penyaluran bantuan ke Palestina.

3. Mengupayakan keleluasaan bagi rakyat Palestina dalam menggunakan dan mengelola sumber daya yang ada maupun yang telah diterima guna memperoleh kehidupan yang layak.

4. Berperan aktif dalam memberikan informasi yang akurat dan aktual untuk memenuhi hak masyarakat dunia dalam memperoleh informasi terkait kepalestinaan.

 

SOSIAL DAN POLITIK

1. Melakukan pencerdasan terhadap berbagai elemen masyarakat mengenai seluruh permasalahan Palestina.

2. Meningkatkan bantuan nyata untuk Palestina baik secara moral maupun material.

3. Optimalisasi peran media massa terhadap permasalahan Palestina.

4. Mendesak pemerintah agar peduli dan turut berperan aktif menyelesaikan permasalahan Palestina baik dalam skala nasional maupun internasional.

5. Melakukan boikot terhadap produk-produk yang mendukung Israel.

 

Depok, 9 Januari 2011

SALAM UI dan FSLDK