Kaum Elit Asrama

Depok, musola gd.H, kampus Fakultas Psikologi UI
14 MARET 2011

Kaum elit asrama…
Yah, lucu nian saya mendengarnya kawan.. kmrin, bru saja sy baca salah satu komentar teman asrama yang menyatakan harapannya yaitu agar asrama bisa merata dan bukan hanya dinikmati oleh anak2 tertentu (elit) saja. Saya lalu tersenyum,..kenapa?

Aneh. Yah, aneh karena komentar ini muncul ditengah usaha kami untuk bisa mendekatkan lembaga asrama dengan penghjuni asrama. Sehingga antarpenghuni khususnya mahasiswa, bisa menikmati benar apa-apa yg ada di asrama dan tidak ada kecemburuan sosial yg timbul semacam ini.

Kami dari forkat, sudah membuat kegiatan2 dan sarana penunjang informasi bagi penghuni asrama. Lalu apanya yang dikatakan elit dan eksklusif? Apa karena kami rapat di gazebo? Apa karena kami sering makan bersama? Apa karena kami pernah foto dan jalan2 bersama? Bukankah kami sudah membuka kesempatan itu saat ada oprec forkat yang kemudian terpaksa diseleksi, dengan harapan mereka yg terpilih menjadi bagian dari forkat adalah mereka yang lebih serius dan lebh perhatian pada asrama? Ada juga oprec panitia dotalig dengan harapan ada lagi teman2 yg bisa merasakan kebersamaan anak2 forkat dan beribetnya anak2 forkat membuat kegiatan demi meramaikan dan mengompakan asrama?

Yah, saya paham kawan, tidak ada yang bisa membuat anak2 forkat, mewujudkan harapan2 itu tanpa dukungan dan partisipasi serta perhatian penghuni asrama lainnya. Saya mungkin tidak secara langsung menyatakan keinginan kami untuk lebih diperhatikan dan didukung. Namun, kami mohon ada partisipasi teman2… ketika kami telah berusaha dan Anda tidak mau ikut, jangan salahkan kami ketika orang-orang yang menjadi bagian dari kami bersama dalam suka duka. Jangan rusak kebersamaan dan rasa kekeluargaan ini, teman!

Tolong… tolong jangan rusak itu semua dengan statement2 negatif yang menyatakan kami kaum elit, eksklusif, atau apalah yg lain… kami hanya anak2 yang mencoba dan berusaha lebih peduli pada asrama. kami mencoba mensinergikan pikiran dan gerakan meramaikan asrama dengan diskusi dan makan bersama. Dengan jalan2 bersama dan mempererat hati kami dengan foto2 bersama sebagai lambang dan jejak bahwa kami pernah bersama meramaikan asrama. kami bukan elit. Paling tidak itulah yg kami katakan pada kalian. Biarkan kawan2 forkat menikmati ini, teman… biarkan mereka lupa dengan kepayahan atas tugas sbg pengurus forkat. Biarkan mereka menikmati indahnya punya keluarga di forkat. Tp entah mengapa kalian menyebut kami dengan julukan yg mungkin bahkan terlalu tinggi untuk kami. Kaum elit. Terima kasih atas sebutan itu.

Lalu, apakah Anda akan menjauhi kami? Atau bergabung dalam barisan (yg kata Anda) elit ini? Yang sebnrnya lebih banyak menguras pikiran, tenaga, dan hartanya dari pada Anda yang bisa langsung kembali ke kamar di malam hari, beristirahat, bercanda dengan kawan lorong, mengerjakan tugas dengan memiliki waktu yang lebih banyak, bisa menggunakan uangmu untuk hal2 yang lebih pribadi atau untuk pengorbanan lain, tanpa diganggu waktu rapat, iuran bulanan, tugas danus untuk membiayai kegiatan, dan pikiran yng dituntut secara tdk langsung utk bs kreatif dan tetap “melayani” penghuni asrama.
Kami sebnrnya sama dgnmu hanya saja kami terbentuk atas kepentingan yang sama dan tujuan yang sama. Hanya itu yang membedakan. Bagaimana? Apakah tertarik bergabung bersama kami?
#Air mata ini tak terasa menetes.

Untuk kawan2 FORKAT, keluarga baruku tercinta… tetaplah bertahan kawan, menghadapi segala gelombang dan badai. Tidak akan pernah ada kehidupan yang selalu nyaman tanpa hambatan. Permasalahannya adalah bagaimana kita menyikapi dan menghadapinya. Ketika mencintai bukan krn berkorban, melainkan mencintai dengan memberi, maka itu kan lebih terisa indah, kawan. Pemberianmu pada Forkat bukan krn kau berkorban hingga berkurang milikmu, namun karena kau mencintainya. Aku percaya itu.

3 thoughts on “Kaum Elit Asrama

  1. tmean2semangat yaaaa……
    bagi yang mengatakan kami kaum[elittt]??
    insya allah kami ga seperti itu…
    doain ya kami tetap berusaha keras menjaga amanah…
    ^_^

Komentar ditutup.