waktu kuliah filman (filsafat manusia)

Kemarin sy dapat kuliah tentang filsafat manusia. di dlamnya memuat apa itu manusia, bagimana, dan bebrap hal lain yg membedakan manusia dari mkhluk lain. Pengertian manusia dan segala macam ttg itu, sangat menarik, menurut saya. Mungkin saya jadi salah satu anak yg sering “berisik” tanya ini itu. Heheh ^^

Hingga di akhir kuliah, dosen sy mengatakan bahwa kita mestinya mnjadi manusia sejati, manusia yg sungguh2 manusia. Pertanyaannya adalah, “how to become fully HUMAN”. Karena saya tidak tahu, apa dan bgmn, saya tanya lagi,

“Lalu bagimana itu bisa terjadi, mas? Adakah kuncinya untuk menjadi seorang yang seutuhnya?”

Jawabannya blm ditemukan. Kemudian teman sy segera mengangkat tangan dan berkomentar, “Mksdnya bagaimana itu? bukankah kita manusia dan sejak dulu diciptakan sbg manusia? mmngnya skrg bukan mnusia lg?”
Komentar yg tidak saya harapkan keluar, tentunya.
Beberapa teman yg lain mencoba menerka-nerka dan mencari jawannya. dari yg paling teoritis smpe yg mncari alternatif lain alias asal benar asal keluar.

Dosen sy terus memaksa kmi berpikir, dan tidak mau mmberi jawabnnya. Hingga akhirnya, sy kmbli bicara mminta klu. “apa klu-nya, mas?”

“hmmm sebuah perasaan yg sering klian rasakan”, kata beliau.

masih binggung.

tp akhirnya muncul jawabn (yg sy lupa siapa yg mnjawab), CINTA!

“CINTA. yah, CINTA. Ada satu lagi, yaitu KERJA SAMA”, kata dosen saya.

“Menjadi manusia sejati, syaratnya adalah ia yang memiliki CINTA, baik kpd tuhan dan sesama beserta lingkungannya. Yang ia juga mampu bekerja sama dg segala hal dengan mereka.”

Nice quote, I think^^…

(cerita di atas mungkin masih kurang menggambarkan “keberisikan” dan keasyikan diskusi kami kemarin. But as so far, that’s the point!  semoga bermanfaat…)