Dini Binarti Rahmi

Dini Rahmi Binarti. Nama yang indah, seindah parasnya. Mba Dini, sapaan akrabnya, adalah seorang dosen di fakultas psikologi UI. Beliau sekaligus sebagai ADKP di fakultas psikologi. Meski sendiri selama 8 tahun, ia tetap bijaksana, tak mengeluh, dan senantiasa menjadi orang tua yang begitu baik di mata kami. Tuturnya yang lembut nan bersahaja, sosok yang tak pernah surut dalam semangat dan nasihatnya, membuat beliau begitu berharga bagi kami.

Salah satu hal yang saya pelajari dari beliau, ketika silaturahim kemarin sebelum kepergiannya adalah mengenai kredibilitas. Kredibilitas yang mesti dibangun pada tiap manusia, baik secara individu maupun sosial. Berupaya meningkatkan kemampuan diri, mengembangkan diri, dan meng-upgrade diri secara kontinu. Tujuannya jelas. Yakni, sebagai bekal agar bisa berkontribusi lebih pada orang lain. Memberi lebih pada orang lain, lagi, dan lagi. Meningkatkan kualitas diri untuk bisa memperoleh kepercayaan sosial hingga benar-benar dapat diandalkan orang lain. Yah, begitulah kiranya… Kredibilitas sosial yang mendorongnya memantapkan hati melanjutkan pendidikan S3 di Amerika, di negeri nan jauh di sana. Semoga Allah memberkahi, Mba.

Pantang surut sebelum fajar. Pantang menyerah sebelum hilang. Tak ada lelah dalam perjuangan. Hingga nafas henti hembusan.

Melanjutkan amanah ini, dakwah psikologi. Meski tak bersama tanganmu di sini. Tetap yakin, bahwa Allah kan selalu melindungi. Kasih dan cintamu akan tetap berbekas walau jarak memisahkan. Ruang, jarak, dan waktu pekat menyemai rindu. Tak ada pandang, rabithah-lah yang kan menguatkan.

Love you, mba dini… ^^

FNW-
Depok, Juni 2011