BUBER…!

Purbalingga, 28 Agustus 2011. 21.00

Bulan ramadhan ternyata bukan sekadar bulan berkah. Bulan ini juga menjadi bulan BUBER alias buka bersama… mengapa?

Bayangkan, saya dan beberapa teman seangkatan yang berhasil saya obeservasi, tidak kurang dari 3 agenda buka bersama. Bisa dalam waktu yang berbeda tiap harinya atau bahkan sering berbeturan dalam satu hari. Benar kata orang-orang yang berkata, kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang ada. Begitu juga agenda kita lebih banyak dari waktu 7 hari/24 jam.
Biasanya, moment BUBER ini sering diadakan di seminggu terakhir menjelang lebaran. Mengapa?
1. Bagi anak yang merantau. Hal ini terjadi karena yang buka bersama rata-rata anak yang merantau ke luar kota karena mereka kuliah, sekolah, atau mencari nafkah. Yah biasanya ini trendnya orang-orang yang sudah melebihi usia SMA untuk reuni. Entah itu reuni teman-teman taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, atau karena persamaan organisasi yang mereka ikuti.
2. Bagi anak sekolah menengah. Ada lagi BUBER di kalangan pelajar, biasanya untuk mempererta hubungan silaturahim mereka. Ada juga karena ingin ngabuburit bersama teman yang sekelas, seangkatan, atau sepermainan. Hmm… yah kalau ini trendnya tidak seramai seperti nomor 1. *hasil pengamatan di rumah makan di daerah saya.
3. Bagi ibu/ bapak. Hemm kalau ini jarang saya temui. Mungkin karena sudah sibuk dengan keluarga dan urusan lain masing-masing. Mungkin juga hal ini karena banyak yang lebih penting dan perlu diperhatikan. Mungkin kalau ada buka bersama satu kantor, kalau mau. Toh, mereka pikir di kantor juga sudah setiap hari bertemu. Trend mereka berbeda, bukan BUBER melainkan silaturahim setelah ramadhan alias di bulan Syawal.
4. Bagi keluarga. Nah, kalau ini mungkin sudah paling sering dilakukan di rumah masing-masing. Tapi kalau buka bersama di luar rumah bagi sekelurga malah jarang saya temui. Kecuali kalau mereka justru lebih sering dan lebih suka buka di luar rumah. Atau jika justru anak mereka lebih sering buka bersama teman-teman mereka.
Yah demikian sedikit gambaran bulan ramadhan, bulan puasa, sekaligus bulan BUBER…semoga buka bersama yang sering kita lakukan bertahun-tahun ini bukan hanya sebagai formalitas belaka. Ataupun menjadi latah / kebiasaan yang seolah wajib dilakukan tanpa memaknainya dengan kebaikan. Bahkan sering kali terkesan hura-hura yang melenakan dan membuat kita melalaikan tarawih atau kebaikan lain di malam hari bulan suci ini.

Iklan