Social Loafing

hai, kawan! kali ini aku ingin bercerita mengenai kuliah psikologi sosial, tepatnya proses kelompok. ada banyak materi yang kemarin disampaikan, salah satunya adalah social loafing. ini adalah salah satu bentuk kemalasan individu yang ada dalam sebuah kelompok karena mengganggap individu lain dalam kelompok tersebut sudah mengambil alih atau melakukan pekerjaan kelompoknya.
hmm… ini juga yang sedang terjadi padaku. rasa malas yang seolah sudah bisa dikerjakan oleh orang lain dalam kelompok. sebenarnya, itu snagat tidak baik., tentunya menyusahkan orang lain dalam kelompok. nah, itulah yang sedang ingin kurubah. Allah, tolong hambaMu ini..

bayangkan, tugas terkahir ini entah PIO, metpenstat, dan (ap[a lagi ya…) aku merasa bekerja tidak sesuai dengan kebiasaanku. mungkin aku tidak menujukkan performaku sebenarnya (underachiever). tapi ada kecurigaan pula bahwa jangan-jangan aku memang tidak bisa mengerjakan sebaik itu.
entahlah, yang jelas semua itu terjadi karena di dalam kelompok, aku merasa tak dianggap (ups! bukan judul lagu sebenarnya). mungkin, aku yang biasa mengambil banyak pekerjaan dan mengontrol pekerjaan, kini harus menjadi pekerja yang dikontrol.
dampaknya? aku merasa tak nyaman dan mendapat suasana yang baru untukku. aku belum bisa menyesuaikan sehingga stress mulai menyerang.

aku harap, ss negatif ini tidak lama. karena tinggal 3 hari lagi, aku harus siap ujian metpen! uwooowww!!
doakan aku teman-teman! agar sterss negatif ini jadi stress yang baik yang mengarahkanku untuk belajar giat.🙂

ceritakan kekesalanmu, walau dengan sebuah ekspresi kecil :0
selamat menjalani UAS 19 Desember nanti🙂

depok, 16 Desember 2011, 15:22