Memilih Peminatan

Rasanya dunia ini begitu banyak masalah dan banyak pula peluang pemecahannya. mungkin kita saja yang belum banyak mengetahui tentangnya. bahkan hanya untuk memilih peminatan psikologi saat ini, saya mengalami kebimbangan luar biasa selama setahun terakhir ini. (saya harap ini bukan alasan yang menyebabkan saya tidak konsentrasi belajar semester ini).

peminatan yang ada memang hanya 5, tapi setiap anak diminta memilih diantara 2. bayangkan, memilih 2 diantara 5 sudha seperti memilih jalan hidup dan pasangan hidup. padahal itu belum tentu juga kan?

namun, itulah saya yang seringkali memikirkan sesuatu dalam jangka panjangnya. saya memikirkan apa tujuan hidup saya nanti di masa depan, lalu memikirkan apa toolsnya, bagaimana caranya, dan apa langkah-lagkah kecilnya sejak sekarang. nah, saya menganggap bahwa peminatan psikologi semester depan akan bisa menjadi batu loncatan sekaligus langkah kecil saya menapaki langkah panjang selanjutnya.

mungkin itu baik, namun bila terlalu lama, bisa jadi ada masalah dengan diri saya sendiri, entah apa itu…hehe. semoga tidak demikian. saya hanya tidak ingin berpikir heuristik berdasarkan minimnya informasi yang saya miliki.

well, satu hal yang pelajari adalah, ada banyak hal yang harus kita selesaikan dan ambil keputusannya sepanjang kehidupan ini. dibutuhkan ketangkasan dan kecerdasan untuk membuatnya menjadi keputusan yang sedikit risikonya. masalah heuristik,harus diakui bahwa manusia memang memiliki keterbatasan pikiran dan informasi. kita tidak bisa meraup semuanya, namun sekali lagi, pilihlah yang bisa berisiko kecil.

tidak perlu terlalu lama berpikir dengan melatih insting, kesigapan mencari data, kecerdasan berpikir, dan memilih mana yang sesuai serta realistis.

mengenai peminatan yang saya pilih, setelah dipikirkan dan disesuaikan dengan tujuan, insya allah saya akan pilih sosial-pio. karena saya ingin menjadi sosial-entrepeneur. dengan berbasis ilmu psikologi, saya berharap bisa mengelola bisnis untuk kesejahteraan sosial, baik dari pendalaman SDM, pelatihan, penempatan pekerja, dan sebagainya.

semoga kita bisa menjalani hidup ini dengan baik, terus belajar, dan terus belajar :))