NLC PPSDMS NF 2012

NLC (national leadership camp) bukanlah sebuah training biasa dengan tujuan biasa. ia punya tujuan yang jauh lebih dahsyat dari sekadar namanya. mewujudkan pemimpin muda yang membangun peradaban. ya, kurang lebih itu yang saya tahu. kerja ini adalah kerja besar, dengan waktu lama, bahkan mungkin tidak banyak yang mau secara sukarela melakukannya. 

membangun peradaban bukan kerja mudah, tentunya. namun, nothing is imposible, guys! hidup akan selalu jadi mungkin ketika Allah mengatakan itu mungkin. masalahnya ada pada diri kita, mau mewujudkannya atau tidak, mau berkorban untuknya atau tidak, mau memohon diwujudkan atau tidak. ada banyak pelajaran yang saya bawa setelah mengikuti rangkaian kegiatan dalam NLC  2012 ini.

dari materi paradigma peserta PPSDMS, saya lebih paham bahwa saya harus jadi orang strategis. saya harus punya visi, matang secara kepirbadian, berpengetahuan luas, mandiri, dan tentunya punya pemahaman Islam secara komprehensif. selain itu, ada kerja sosial dengan orientasi menyukseskan orang lain sehingga kita sukses bukan untuk diri sendiri. PPSDMS mencoba membuat saya menjadi insan paripurna yang tentunya hebat secara diri dan sosial.

dari materi training yang diberikan, saya mendapat insight bahwa bermimpi tidak pernah salah dan mewujudkannya adalah tindakan mulia. orang yang bermimpi itu orang hebat karena ia punya imajinasi, tahu apa yang ia inginkan, punya pandangan masa depan, dan hal itu membuatnya bersemangat menghadapi hidup di masa depan. mereka para pemimpi, paling tidak percaya diri bahwa mereka suatu saat bisa mencapai apa yang dimimpikannya.

singkatnya, NLC telah membuka mata saya kembali setelah sejenak terlelap untuk menatap masa depan, membuat jalan hidup baru, lembaran baru, bersama orang-orang yang bermimpi hebat. paling tidak saya punya tempat, dimana saya bisa bertanya ini dan itu, mendapat meteri ini itu, dan merasa “dirawat” oleh orang-orang disekeliling saya. PPSDMS meminta saya memiliki karakter. karakter yang bagaimana? saya pikir, saya perlu menemukan apa karakter pokok dan karakter sentral saya sendiri. karakter manusia sekaligus pemimpin sejati yang perlu saya tanyakan kembali apa makna yang sebenarnya.

PPSDMS akan menjadi inkubator bagi saya untuk terus menimba ilmu, menjadikannya laboratorium baru, dan berharap bisa membuat saya lebih mendalam dalam memaknai kehidupan demi kebermanfaatan bagi orang lain. 

Depok, 17 Juli 2012.

NLC 2012.

angkatan 6! BERKARAKTER, joss!