(Dalam) Pencarianku

Gambar

Dalam pencarian. kita tentu pernah bahkan sering melakukan pencarian, bukan? pencarian yang saya maksud adalah pencarian jati diri.

pencarian ini begitu sulit, teman. berbekal pengalaman dan pengetahuan selama 20 tahun rasanya masih kurang untuk dapat mumpuni dan mendeklarasikan diri bahwa inilah “jatidiri saya”. penempaan dengan berbagai bentuk pelatihan tentunya akan sangat dibutuhkan dalam rangka mengakselerasi serta meng-up grade diri kita.

selayaknya besi yang ditempa, ia bahkan butuh di panaskan, didinginkan, dipukul-pukul dan sebagainya untuk menjadi sebuah bentuk baru yang lebih baik. begitu pun sebuah proses penempaan diri. jangankan manusia ini, benda mati yang tidak punya emosi, akal, kecenderungan, ketegangan, mood, dan sebagainya sebagaimana sifat manusia pun harus melalui proses-proses yang rumit dan panjang tersebut apalagi seorang manusia.

manusia, yang bodoh, yang mau menerima amanah sebagai khalifah di bumi, yang gunung pun tidak sanggup menerimanya, akan tetap menjadi artefak unik. artefak hasil ciptaan Dzat Yang Maha Agung dan Maha Pencipta Yang Luar Biasa. dengan berbagai komleksitas perasaan, akal, dan fisiknya harus tetap mampu melalui proses penempaan-penempaan itu dan mencari jatidirinya.

jatidiri dan karakter sungguh sesuatu yang benar-benar abstrak dan sulit didefinisikan bila saja kita tak mau benar-benar mendalaminya. akan sangat dibutuhkan sebuah perenungan, introspeksi, pemikiran hingga akhirnya mampu menmformulasikan aapa dan bagaimana sebuah karakter. apa karakter kita dan mau seperti apa karakter kita. agaknya harus lebih saya perhatikan jawabannya.

saya selalu berdoa kepada Allah agar Ia memberikan saya  petunjuk dalam menjalani hidup yang sesuai dengan keinginan-Nya dan berkomitmen di jalan-Nya. agar pencarian jatidiri dan karakter ini akan tetap lurus tanpa diada-adakan/ dibuat-buat oleh sistem dan ilmu yang bukan datang dari Allah. sebagaimana doa Nabi, ya Allah, berikanlah aku petunjuk-Mu dan istiqomahkan aku di jalan-Mu. aamiin…

 

sumber gambar: http://www.google.co.id/imgres?q=jalan+pencarian&um=1&hl=id&sa=N&biw=1366&bih=606&tbm=isch&tbnid=JTa4aMcFAwtYUM:&imgrefurl=http://alvindadiary.blogspot.com