Kerja Keras

Bila kerja keras adalah sebuah proses, maka izinkan aku untuk terus melaluinya dengan kekuatan-Mu. Jika kerja keras adalah lelah yang harus dibayarkan, maka izinkan aku sanggup melunasinya hingga usai dengan harta-Mu. Jika kerja keras adalah beban berat yang harus kupikul di dunia, maka kuatkan pundakku dengan keperkasaan-Mu, Rabbi..

Kerja keras agaknya menjadi momok yang menakutkan dan membuat enggan tiap individu. Ia bagaikan tantangan menanjak gunung ribuan meter di atas permukaan laut. Atau mungkin seperti tantangan menyelam ke dasar samudra dengan kedalaman kiloan meter jauhnya. Tapi, percayalah bahwa kerja keras akan tetap diperlukan untuk menjalani hidup ini. 

Dunia ini, terlalu banyak diisi oleh orang-orang yang berambisi, memiliki tekad baja, memiliki tujuan dan cita-cita menggunung, memiliki rangkaian kisah yang menginspirasi, memiliki pengalaman berkali lipat tentang kegagalan, dan kekayaan ilmu maupun harta yang tidak sedikit. Mengapa? Karena kerja keras mereka. Karena sebuah term kerja keras yang menghiasi hidup mereka.

Sukses itu yang saya pahami, adalah ketika kita mau sedikit lebih menderita, sedikit lebih bertahan, sedikit lebih berusaha, sedikit lebih bekerja keras di atas rata-rata orang lain. Mau tidak mau, suka tidak suka, demikianlah membuat strateginya agar mau sedikit lebih unggul dari yang lain.

Kenapa harus kerja keras? Apa pentingnya buatku?

Yang saya pahami, Islam telah mengajarkan agar setiap insan hari esok harus lebih baik daripada hari ini, dan lebih baik dari hari kemarin. So, perlu kerja keras. Selain itu, yang saya pahami juga bahwa Allah menilai proses dari hamba-Nya. Bukankah mengikhtiarkan hidup kita dengan kerja keras tidak masalah? Berharap kerja keras inilah yang menjadi jalan kita masuk syurga. Karena kita tak pernah tahu amal apa yang dapat mendorong kita masuk syurga, bukan? Dan terakhir, kerja keras adalah proses. Jika prosesnya baik,caranya baik, semoga hasilnya pun mempunyai konsekuensi yang berkorelasi positif. Artinya, dengan cara dan proses yang baik, berharap hasilnya pun akan baik. Berharap apa yang kita dapatkan juga akan baik.

So, apa yang membuat kita ragu untuk bekerja keras? Lakukan dulu. Percayai itu. 

Iklan

2 thoughts on “Kerja Keras

Komentar ditutup.