Tetap Belajar

Seringkali aku terlalu angkuh untuk mengakui bahwa aku butuh orang lain dalam menjalani hidup. seringkali, aku bahkan ingin disebut mandiri dan tangguh. buruknya adalah jika hal ini membuatku menjadi orang yang mengabaikan orang lain dan membuat orang lain merasa tidak dianggap.

masalah adalah hal mutlak yang akan ada. tapi, yang membuatnya menjadi tidak bermasalah adalah sikap kita terhadap apa yang kita hadapi. demikian yang aku pahami. artinya, secara psikologis, ini adalah tentang persepsi. ini tentang bagaimana kita memandang masalah sebagai apa.

nah, ada baiknya tidak angkuh terhadap diri dan  bijak memandang masalah. tidak selamanya masalah yang muncul adalah salah kita. tidak semua masalah yang muncul juga mampu kita selesaikan sendiri. akui, sadari, dan mintalah bantuan pada orang yang dapat membantu. tidak perlu malu mengakui kelemahan kita, asal itu tidak berlebihan… Yang lebih penting kemauan belajar menghadapi masalah itu sendiri.

Jadi, berusaha menjadi tangguh dan mandiri itu akan lebih baik dibarengi dengan kerendahan hati dan keinginan mau belajar.