Apakah Aku (Benar-Benar) Menolong Agama Ini?

Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu hal yang membuat saya kembali mengintrospeksi diri. Allah berjanji bahwa siapa yang menolong agama Allah, maka Ia pun akan menolongnya. Kurang lebih dua tahun saya lewati dalam organisasi dan hiruk pikuk aktivitas yang katanya bernama dakwah. Mengapa katanya? 

Setiap manusia itu tempatnya salah dan dosa. Manusia itu hanya bisa berusaha karena Allah-lah Hakim Yang Maha Adil, Yang Maha Benar, dan Ia Yang Paling Baik Memberi Keputusan. Manusia penuh keterbatasan dalam segala hal termasuk akal, fisik, pengetahuan akan masa depan, hidup serta mati, termasuk dalam hal baik dan buruk. Sehingga ia belum tentu paham apakah yang dilakukan di dunia ini sudah baik atau buruk, apakah sudah benar menafsirkan perintah Allah itu -dalam hal ini adalah berdakwah. Tapi sekali lagi, manusia wajib berusaha.

Refleksi bagi saya adalah, benarkah saya telah menolong agama Allah sehingga Ia menolong saya? Apakah selama ini saya telah beraktivitas dalam kebaikan yang diridhoi-Nya? Tidak ada yang bisa menjamin, termasuk diri saya sendiri. Oleh karenanya, saya mencoba berpikir lebih ringkas, lebih realistis, lebih fokus, dan lebih mendalami dengan berilmu. Agar orientasi ini tak bercabang. Agar tujuan ini tak bergeser dari awal. Agar langkah ini tetap kokoh, lurus, tak berkelok.

Allah, aku berlindung kepada-Mu atas kejahatan, perbuatan keji, dan mungkar. Selamatkanlah imanku, Ya Rabb…

One thought on “Apakah Aku (Benar-Benar) Menolong Agama Ini?

Komentar ditutup.