Kalah?!

Kalah. Dalam banyak hal saya tidak pernah suka kata ini. baik itu kata yang dibuat sendiri oleh imajinasi, akal, ataupun kenyataan yang sebenarnya. Kalah. saya tidak pernah suka keadaan ini. bersedih, mengharu, tertekan, kacau. amat membuat saya tidak semakin paham mengontrol diri.

kalah. saya bahkan tak pernah mau mengalaminya. namun, bukan tentang kalah menang yang akan dituju. tapi menguasai atau tidak. bukan tentang mendapatkan kemenangan atau tidak, tapi tentang bagaimana itu bisa terjadi.

keyakinan akan menang harus dimiliki pada saat yang tepat. jika terlalu dini merasa menang tanpa mengenal medan, kawan, lawan, bisa jadi akan mengorbankan banyak pihak nantinya. jika tidak kunjung yakin dengan kemenangan atas perjuangan pun bisa mencacatkan dan melemahkan semangat berkorban. maka, yakin akan kemenangan pada saat yang tepat degan kadar yang tepat, setelah memahami medan dan memahami kondisi diri.

merasa kalah tidak pernah menjadi hal yang dirindukan. namun bersiap kalah adalah kebijakan. merasa kalah tidak pernah diinginkan, namun tidak pernah memikirkan langkah kebangkitan setelah kalah bisa jadi membunuh diri.

kalah atau menang adalah pilihan. Do action!