Ba’da Ramadhan

Setelah Ramadhan, apa yang biasa kita lakukan? 

Pertanyaan itu mungkin lazim dilontarkan kepada kita kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bagi saya, ada pertanyaan yang lebih penting lagi : “Apa perubahan yang akan kita lakukan? Apa capaian yang akan kita tingkatkan?”

Ramadhan sebagaimana diketahui adalah ibadah yang wajib dilakukan. Siapa orang yang mau meewatkan Ramadhan begitu saja pergi, akan sangat merugi. Bulan penuh bonus pahala, penuh rahmat, penuh keberkahan, dan segudang keutamaan-keutamaan lainnya. Lalu apakah Ramadhan adalah akhir dari perjalanan ibadah kita selama setahun? Justru inilah awal dari perjalanan peningkatan kualitas diri menjadi lebih baik.

Ba’da Ramadhan, bukan baju lebaran yang dinanti, bukan pulang kampung dan libur yang diinginkan, melainkan peningkatan kualitas diri terutama ibadah kepada Allah subhannahu wata’ala yang sebaiknya diutamakan. 

Setelah ramadhan >> semakin rajin, semakin soleh/ah, semakin bersih, semakin menjaga, semakin peduli, dan semakin-semakin baik dalam hal lainnya. Semoga Ramadhan kita bermakna dan mampu memperbaiki kita🙂